Waspada DBD, Sinto : Ambil Bubuk Abate di Puskesmas

www.detiksaga.com. SINTANG – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Sinto, mengajak masyarakat mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dari lingkungan keluarga. Masing-masing keluarga diminta memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal.

Menurut Sinto, kurangnya kesadaran keluarga memperhatikan kondisi lingkungan tempat tinggal membuat nyamuk Aedes Aegypti mudah berkembang biak.

Kata Sinto, nyamuk penyebab DBD ini suka dengan air yang tergenang, khususnya air hujan. Nyamuk ini biasa berkembang biak di dalam bak air, ataupun barang-barang yang menimbulkan genangan air hujan.

Karena itu, Sinto menyarankan masyarakat untuk senantiasa menguras bak air dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menimbulkan genangan air. “Tidak kalah pentingnya adalah menaburi bak air dengan bubuk abate. Cara inilah untuk membunuh nyamuk agar tidak bisa berkembang biak lagi,” ucapnya, Kamis (5/10/2017).

Ditegaskan Sinto bahwa bubuk abate gratis. Barang tersebut ada disetiap Puskesmas. Masyarakat bisa menggunakannya untuk menaburi bak air yang ada di rumah. “Kondisi saat ini, masyarakat malas menggunakan bubuk abate. Padahal, hanya tinggal mengambil di Puskesmas tanpa harus membayar,” ujarnya.

Dijelaskan Sinto, saat ini Sintang berstatus waspada. Setidaknya ada 86 kasus sudah terjadi, meskipun tidak sampai memakan korban jiwa. Paling banyak terjadi di Kecamatan Sintang dengan 51 kasus. Kasus ini masih memungkinkan bertambah jika masyarakat kurang memperhatikan kondisi lingkungan. “Kondisi cuaca sedang tidak menentu. Ini sangat rentan berkembang biaknya nyamuk. Penting bagi setiap keluarga memperhatikan kondisi lingkungannya masing-masing,” pesan Sinto. (din)

 

 

 

 

 

 

“Cara yang paling tepat mencegah DBD

Komentar

Detiksaga News