Berbagi Informasi, MPND Datang ke Pendopo

www.detiksaga.com. SINTANG – Majelis Pengawas Notaris Daerah (MPND) Kabupaten Sintang melakukan pertemuan dengan Bupati Sintang dr. Jarot Winarno, M.Med.PH, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang, Senin (11/9/2017).

Pertemuan itu dimaksudkan untuk saling berbagi informasi agar ada sinergisitas antara MPND dan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Jarot mengatakan fungsi notaris merupakan pemegang kekuasaan Negara tentang hak milik atas tanah, perpindahan hak milik tanah maupun administrasi pertanahan. Selain itu, berkaitan dengan perjanjian pihak badan hukum dan pihak lainnya. “Kehadiran notaris juga dapat menjaga instrument tata ruang kota,” ucapnya.

Jarot berharap Notaris mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang ingin mendapatkan hak atas tanah, sehingga peruntukannya sesuai. Notaris, lanjut Jarot, merupakan mitra dalam akselerasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan adanya MPND di Kabupaten Sintang, Jarot berharap dapat menjaga profesionalitas notaris khususnya berkaitan dengan etika notaris.

Ketua MPND Kabupaten Sintang, Hobby Simanungkalit, mengungkapkan bahwa tugas dan pokok fungsi dari MPND untuk mengawasi jalannya kegiatan notaris di Kabupaten Sintang. Bukan tanpa alasan. Dalam tugasnya, notaris menangani hak-hak banyak pihak.

“Dalam tugas-tugas kenotarisan itu-kan banyak yang bisa merugikan hak orang lain. Oleh karena itu, bagi yang merasa dirugikan baik dari segi moril dan segi etik lainnya, mereka dapat menghadap majelis, sehingga majelis akan bersidang untuk melihat persoalan tersebut apakah diteruskan atau diselesaikan dengan musyawarah,” terang Hobby.

Hobby menambahkan, MDPN ini meliputi lima kabupaten dengan unsure pengawasnya. Yaitu Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu. “Kami secara keseluruhan baru bertemu dengan Bupati Sintang. Kami terdiri dari 3 unsur, masing-masing organisasi notaris sebanyak 3 orang, akademisi 3 orang dan pengawas kenotariatan,” pungkasnya. (din)

 

Komentar

Detiksaga News