YOSEPHA , USAHAKAN PUSKESMAS RAWAT INAP DEDAI SEGERA RAMPUNG

 

www.detiksaga.com ,SINTANG.- Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si meninjau langsung Puskemas Rawat Inap  Dedai yang di resmikan Bupati Sintang pada 18 Mei 2016 lalu, juga didampingi langusng oleh Camat Dedai, Sekretaris Kecamatan Dedai, dan Kepala Puskesmas Nanga Dedai (15/8/17).

Dalam masa kunjungan Yosepha Hasnah mengatakan dirinya sengaja meninjau langung keadaan puskesmas rawat inap Dedai, dengan melihat baik berupa pelayan, fasilitas dan kondisi puskesmas.

Yosepha menilai kondisi puskesmas Dedai ini sudah cukup baik, baik berupa peralatan, pelayanan, kondis fisik bangunan.

“pada dasarnya puskesmas ini sudah cukup baik ya”, hanya memang beberapa peralatan pendukung yang harus kita adakan, seperti tadi alat ronsennya belum ada.

Dimana alat pendingin ruangan karena puskesmas ini, tadi saya liat tidak ada ruangan masih pakai AC(pendingin ruangan, red)”ungkap yosepha.

Selain itu juga yosepha juga mengatakan adanya keluhan saat ini belum ada aliran air bersih seperti sumur bor, sehingga sejumlah keluhan tersebut nantinya akan di bahas di tingkat kabupaten bersama stakholder terkait”tambahnya.

Sementara itu , Kepala Puskesmas rawat inap dedai  Ismail mengakui bahwa memang masih ada kekurangan seperti sumber air bersih seperti sumur bor yang ada saat ini hanya sumur air biasa.

“kondisi sekarang sih sudah lumayan bagus, tapi masih ada kekurangan seperti alat ronsen baik peralatan maupun ruangannya, USG juga kita belum ada, kalo memang USG sudah ada puskesmas kita bisa untuk pelayanan keseluruhan”ungkapnya.

Saat ini sudah tersedia seperti persalinan, gizi, polilansia, ipa, poli umum, laboratorium lengkap dan saat ini puskesmas nanga dedai masih dalam proses akreditasi secara keseluruhan.

Padahal apabila lolos dalam akreditasi ,”apa yang menjadi kebutuhan puskesmas mudah di atasi”.

Sementara itu di waktu yang sama , Camat Dedai Drs. Subendi mengungkapkan kami sangat berterima kasih karena Sekda kab Sintang, telah secara langsung meninjau puskesmas yang bangunannya seluas 1500 meter persegi dan memiliki 30 ruangan dengan biaya pengerjaannya Rp 5,4 miliar.

Dimana telah memakan anggaran dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK ) ini masih kekurangan beberapa peralatan kesehatan, sehingga pasca peninjau itu bisa lebih memberikan hal positif bagi puskesmas dedai.

Lanjut Camat Dedai “besar harapan usai peninjauan bu sekda ini kedepannya apa yang menjadi kebutuhan pelayan kesehatan di puskesmas itu bisa terpenuhi, sehingga nanti juga masyarakat tidak perlu lagi harus ke sintang jika ada warga yang harus mendapatkan pelayanan yang lebih ekstra”harapnya.(anwar/ucok)

 

 

Komentar

Detiksaga News