RSUD Sintang Segera Buka Cuci Darah

www.detiksaga.com , Sintang: Rumah sakit Ade M Joen Sintang  akan menambah satu  unit pelayanan cuci darah/modialisa, saat ini empat unit peralatan telah siap oprasional hanya tinggal menunggu perizinan dari kemantrian kesehatan.

Kepala Seksi perencanaan Rumah Sakit Ade M Joen Sintang dr. Kasino mengatakan secara umu tidak ada masalah bahkan satu dokter spesialis dan satu dokter umum telah mengikuti pelatihan khusus di Rumah sakit Jogjakarta.

“ Kita targetkan bulan depan sudah dapat oprasional karena seluruh instalasi pendukung sudah siap, “ ungkapnya rabu ( 16/08/2017).

Layanan Cuci darah ini merupakan salah satu unit yang sangat penting Ruangan bahkan air yang di gunakan berbeda dari ruangan lainya, kendati dengan investasi yang cukup mahal namun RSUD Sintang harus memilikinya karena selama ini banyak pasien yang di tolak.

“ Saat ini saja sudah ada 15 orang yang antri untuk melakukan cuci darah di RSUD Sintang, saya fikir di Sintang pasien dengan gagal ginjal ini cukup besar apalagi RSUD Sintang melayani 4 kabupaten timur kalbar seperti kapuas hulu, Melawi, Sekadau dan Sintang sendiri,” katanya.

Hemodialisa / cuci darah merupakan tindakan medis dengan menggunakan mesin cuci darah sebagai pengganti fungsi ginjal yang rusak dalam penyaringan racun-racun hasil metabolism dalam tubuh dan sekaligus mengeluarkannya.

Pasien gagal ginjal dapat hidup normal jika melakukan cuci darah teratur dan melakukan pengaturan pola makan dan minum sesuai anjuran dokter. (Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News