Safari Ramadhan, Nilai Toleransi Desa Menaung Baru Patut Dicontoh

www.detiksaga.com Sintang: Safari Ramadhan yang dilaksanakan pemerintah daerah Kabupate Sintang Rabu (08/06/2017) malam ke Desa Desa Menaung baru Kecamatan Dedai di Masjid Nurul fallah di sambut antusias  warga setempat,  Rabu (08/06/2017).

Kehadiran Dandim 1205 selaku pimpinan rombongan di sambut warga baik muslim maupun non muslim.

Kekompakan dan nilai nilai toleransi sangat tinggi, Bangunan Masjid Nurul Fallah yang bersebelahan dengan gereja membuktikan bahwa warga setempat tidak mengalami masalah dalam perbedaan agama maupun suku.

Dandim 1205 Sintang Kolonel Infantri  Marsana menyatakan masyarakat transmigrasi dari jawa di desa ini terlihat telah berbaur dengan masyarakat asli,  akur dan kompak ini harus di contoh daerah lainya.

Dalam arahannya Dandim menekankan pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai- nilai pancasila yang saat ini tengah terguncang oleh ancaman globalisasi.

“ Toleransi telah diajarkan islam  benar- benar terasa di sini, maka saya katakan di sini pengamalan pancasila sudah baik sekali, “ ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang H. Hotler Panjaitan yang menjadi peserta dalam safari Ramadhan ini mengatakan kebersamaan yang di bangun di desa ini sangat baik .

“ Kita lihat tadi berbuka puasa bersama baik muslim maupun non muslim yang berbaur apalagi masjid ini bersebelahan dengan gereja menandakan nilai toleransi sudah terjalin lama di sini, “ katanya.

Pilihan pemerintah daerah Kabupaten Sintang untuk memilih Masjid Nurul fallah ini dinilai Hotler panjaitan sangat tepat karena Masjid ini tengah dibangun sehingga memerlukan perhatian dari  dari pemerintah.

Diakhir acara safari ramadhan Perwakilan dinas Instansi memberikan sumbangan  untuk membantu  kelanjutan pembangunan masjid Nurul Fallah kepada pengurus Masjid . (Fik)

Komentar

Detiksaga News