Persoalan Sosial Belum Selesai, PT. Rafi Kamajaya Abadi Take Over?

www.detiksaga.com. MELAWI – Kemelut sosial dampak dari investasi perkebunan sawit PT RaFi Kamajaya Abadi (RKA) dengan warga di Kabupaten Melawi belum selesai. Celakanya, perusahaan milik TDM Berhad Malaysia itu dikabarkan sudah di take over ke PT Indo Gunta Samba, salah satu anak perusahaan dari Indofood.

Banyaknya persoalan internal, disinyalir tumbangnya perusahaan milik TDM Berhad Malaysia itu di tanah bumi uranium. Dilain sisi, pabrik sawit milik PT Rafi Kamajaya Abadi sudah dibangun, namun belum sempat dioperasikan .

Kabar take over PT Rafi Kamajaya Abadi menimbulkan ke khawatir an masyarakat, terutama berkaitan pembagian lahan plasma yang hingga sekarang belum jelas.

“Karyawan sudah banyak yang berhenti. Dalam waktu dekat ini, manajemen baru dari PT Indo Gunta Samba, mulai bekerja,” ungkap salah seorang karyawan PT Rafi Kamajaya Abadi, Senin ( 3/4/2017).

Di tempat berbeda, Bupati Melawi Panji mengaku belum mendapatkan laporan resmi  baik itu dari pihak perusahaan ataupun dari dinas terkait, perihal kabar take overnya PT Rafi Kamajaya Abadi. Namun ia memastikan Pemerintah Kabupaten Melawi akan memantau perkembangannya.

“Jika benar telah terjadi take over, maka akan kita pelajari seperti apa aturannya. Apakah sudah dengan proses yang benar sesuai aturan yang berlaku atau tidak. Nanti kita ikuti perkembangannya,” kata Panji, usai rapat paripurna di DPRD Melawi.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Melawi ini juga meminta kepada seluruh investor yang berinvestasi di Melawi untuk taat terhadap aturan yang berlaku agar tidak menimbulkan persoalan sosial. ( Ana)

 

Komentar

Detiksaga News