Program P2-EMAS, Askiman Ingin SKPD Kompak

www.detiksaga.com. SINTANG-Pemberdayaan ekonomi masyarakat harus disesuaikan dengan visi-misi dan prime mover pembangunan Kabupaten Sintang. Demikian disampaikan Wakil Bupati Sintang Askiman saat rapat koordinasi antar SKPD Kabupaten Sintang dalam rangka integrasi dan sinergi program, di Aula Kantor BAPPEDA Sintang, Selasa (29/3/2017).

“Kita mulai membahas rapat kerja dalam rangka peningkatan pemberdaayaan ekonomi masyarakat yang telah disesuaikan dengan visi dan prime mover pembangunan Kabupaten Sintang,” kata Askiman.

Menurut Askiman kegiatan ini merupakan langkah tindak lanjut dari Musrembang. Askiman berharap SKPD dapat terintegrasi, sinkron dalam pelaksanaan tugas dan terkoordinasi.

“Kegiatan ini merupakan satu langkah strategis yang sudah dimulai oleh BAPPEDA. Targetnya mengarah pada penetapan lokasi sasaran, penentuan kompetensi kecamatan,” ucapnya.

Kepala BAPPEDA Sintang Kartiyus menyampaikan program P2-EMAS merupakan singkatan dari program peningkatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat Kabupaten Sintang tahun 2017. Program ini merupakan breakdown dari salah satu misi Bupati dan Wakil Bupati Sintang, yaitu mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Program P2-EMAS dibuat berdasarkan evaluasi program-program pemberdayaan masyarakat terdahulu.

“Program-program sebelumnya yang bersifat pemberdayaan ekonomi masyarakat  sebarannya terlalu luas, maksud kita ingin pemerataan tapi hasilnya kecil sekali sehingga kita sulit mengukur tingkat keberhasilan capaian program,” terang Kartiyus.

Ia menginginkan ke depan lebih fokus. Misalnya sapi, cukup di kecamatan tertentu, tidak perlu semua kecamatan. “Nanti kalau kecamatan ini sudah berhasil akan ditularkan ke kecamatan lainnya,” kata Kartiyus.

Untuk menunjang program tersebut, salah satu hal penting yang akan dikerjakan dalam tahun 2017 ini adalah merekrut pendamping masyarakat.

“Kita harus merekrut pendamping masyarakat dengan kemampuan yang mumpuni, untuk mengarahkan pelaksanaan program hingga pelaporan. Tahun ini akan kita seleksi pendamping masyarakat terkait program P2EMAS,” bebernya.

Tahun ini program P2-EMAS masih dalam tahap perencanaan, yakni melengkapai infrastruktur, perangkat hukumnya, penentuan penetapan dan pelatihan pendamping. (din)

 

 

 

Komentar

Detiksaga News