Rupinus Lawan Teror dengan Ritual Adat

www.detiksaga.com. Sekadau-Bupati Sekadau Rupinus, SH. M.Si menghadiri acara ritual adat di Rumah Adat Youth Center, Jumat (24/2/2017). Ritual adat ini dilakukan untuk meredam hal-hal yang menjadi gangguang keamanan dan ketertiban masyarakat di Sekadau selama ini, seperti maraknya pembunuhan, perampokan, serta teror mengedor pintu saat malam hari. “Melalui ritual adat ini kita berharap dapat meredam  masalah yang terjadi,” kata Rupinus.

Ia mengingatkan masyarakat supaya waspada. Iapun memberikan kesempatan kepada semua sub suku yang ada di Sekadau untuk  melakukan ritual sesuai dengan adat masing- masing.

Kapolres Sekadau AKBP Yuri Nurhidayat, Sik, turut hadir dalam ritual adat ini. Ia mengajak masyarakat bekerja sama dalam menjaga ketentramaan di Sekadau.

Ritual adat dimulai dari rumah Betang Sekadau, kemudian dilanjutkan mengantar barang atau disebut hal jahat, menuju Tapang Sambas dan Sungai Kunyit.  Acara yang dimulai pukul 13.00 hingga 14.30 ini berlangsung khidmat, dengan harapan agar keamanan dan ketentraman masyarakat Sekadau terjamin. (Fran)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News