Rabies Teror Kayan Hulu, Askiman : Kita Tetapkan KLB

www.detiksaga.com. Sintang-Pemerintah Kabupaten Sintang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap kasus rabies. Hal itu dilakukan menyusul terjadinya kasus di Desa Nanga Abai, Kecamatan Kayan Hulu, yang menyebabkan satu orang meninggal.

“Kita tidak ingin kecolongan seperti tahun lalu. Makanya, dengan kejadian meninggalnya satu orang ini, kita tetapkan KLB. Hal ini dilakukan agar penanganannya bisa lebih maksimal,” ungkap Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM, Jumat (24/2/2017).

Tahun 2016 lalu, kata Askiman, Pemkab Sintang menetapkan status KLB setelah kasus gigitan anjing gila itu menyebar di delapan kecamatan. Hal itu ia nilai terlambat karena sudah cukup banyak memakan korban jiwa.

“Sekarang kita tidak boleh terlambat. Begitu terima laporan, tim kita langsung turun kelapangan melakukan sosialisasi dan vaksinasi agar kasus rabies ini tidak menyebar,” tegas Askiman.

Meninggalnya satu orang ini, menurut Askiman, dikarenakan pengetahuan masyarakat akan penyakit rabies masih minim. Padahal, jika diketahui dan ditangani dengan baik, masih ada harapan bisa tertolong.

Askimanpun mengingatkan masyarakat akan bahaya penyakit rabies. Ia menyarankan agar masyarakat segera melapor jika terkena gigitan anjing. “Jangan sampai terlambat melapor. Dan, kalau ada anjing yang menggigit, indikasinya sudah tidak sehat. Lebih baik dimusnahkan saja,” kata Askiman. (din)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News